Home » » Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah Kacang tanah atau yang dikenal dengan nama latin Arachis hypogaea L. dan dikenal dengan istilah peanut di Inggris, merupakan tumbuhan yang dimasukkan dalam daftar kekerabatan polong-polongan atau Fabaceae. Kacang tanah pada permulaannya ditanam secara luas oleh suku Indian. Namun pada perkembangannya, kini, kacang tanah telah dibudidayakan hampir di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Tetapi secara statistik jumlah, pemasok kacang tanah terbesar saat ini adalah Brasil. Kacang tanah memiliki rasa serta aroma yang khas, karena itu tak heran jika banyak yang menggemarinya. Dalam ilmu tumbuh-tumbuhan, klasifikasi kacang tanah cukup kompleks. Meski secara awam kita menandai kacang tanah tak lebih dari satu jenis, namun pada faktanya, kacang dengan cangkang unik ini dibagi lagi ke dalam beberapa varian.
Klasifikasi Dalam Sistem Taksonomi
Dalam sistem taksonomi atau ilmu penggolongan mahluk hidup, klasifikasi kacang tanah dalam tata binomial sebagai berikut:
  • Kingdom : Plantae atau tumbuh-tumbuhan
  • Divisi : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji
  • Sub Divisi : Angiospermae atau berbiji tertutup
  • Klas : Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
  • Ordo : Leguminales
  • Famili : Papilionaceae
  • Genus : Arachis
  • Spesies : Arachis hypogeae L.; Arachis tuberosa Benth.; Arachis guaramitica, Chod & Hassl.; Arachis idiagoi Hochne.; Arachis angustifolia (Chod & Hassl) Killip.; Arachis villosa Benth.; Arachis prostrata Benth.; Arachis helodes Mart.; Arachis marganata Garden.; Arachis namby quarae Hochne.; Arachis villoticarpa Hochne.; dan Arachis glabrata Benth.
Jika mencermati binomial pada tingkatan spesies, kacang tanah tak hanya terdiri dari satu jenis melainkan beragam jenis. Namun yang paling umum kita jumpai di pasaran adalah kacang tanah dengan nama ilmiah  Arachis hypogeae L.
Jika didasarkan pada sistem budidaya (khususnya di Indonesia), maka klasifikasi kacang tanah adalah sebagai berikut:
  • Pertama, kacang tanah tipe tegak. Jenis kacang tanah yang satu ini tumbuh secara lurus dan cenderung sedikit miring ke atas. Buah kacang tanah ini terletak pada ruas-ruasnya yang dekat pada rumpun. Pada umumnya berukuran pendek atau genjah dan tingkat kematangan buahnya serempak.
  • Kedua, jenis kcang tanah yang tumbh menjalar. Tanaman jenis ini tumbuh menjalar ke arah samping. Batang utamanya memiliki ukuran yang cendrung panjang. Sementara itu buahnya terdapat pada ruas-ruas yang letaknya berdekatan dengan tanah. Pada umumnya jenis tanaman kacang tanah yang ini memiliki umur yang panjang.
Sementara itu, jika didasarkan pada varian yang awam ditemui di masyarakat kita, maka klasifikasi kacang tanah sebagai berikut: Kacang Brul, yakni kacang tanah yang masa tanamnya antara 3 sampai 4 bulan; Kacang cina, yakni kacang tanag yang masa tanamnya cukup panjang yakni antara 6 sampai 8 bulan dan Kacang holle, adalah varian campuran  yang merupakan hasil hibrida atau persilangan varietas yang ada.[kt]

Artikel Populer